Sebagai seorang internet marketer
yang terjun di dunia marketing, sudah selayaknya kita menguasai yang namanya
ilmu penjualan, atau istilah teknisnya ilmu marketing. Jangan sampai kita belum
mempunyai ilmu apapun namun memaksakan untuk terjun ke dunia marketing. Ini
ibarat seseorang yang berperang namun tidak membawa senjata, ditambah dia tidak
mengerti siapa musuh dia. Hal tersebut sering dialami oleh para pemula, karena
mereka tidak mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu, istilahnya
langsung main hajar.
Sah sah saja jika Anda ingin
langsung berkecimpung dalam dunia marketing, toh nanti kita bisa belajar sambil
jalan. Ya anggapan seperti itu memang benar, namun masalahnya jika kita
tertabrak atau menabrak sesuatu saat berjalan (baca: rugi) maka siapa yang disalahkan
? Anda sendiri bukan ? karena tidak hati-hati dan tidak mempersiapkan
perlengkapan pengaman seperti helm misalnya. Kejadian seperti itu juga berlaku
di dalam Marketing, dimana Anda harus menyiapkan strategi penjualan online
terlebih dahulu sebelum action.
Masalahnya sering kali para
internet marketers pemula (seperti saya dulu) kurang atau lebih tepatnya malas
membaca tips dan trik meningkatkan penjualan online atau apapun yang berkaitan
tentang belajar bisnis internet marketing, padahal tanpa adanya ilmu tersebut
kita akan buta. Dan dampaknya tentu akan berpengaruh pada penjualan yang kita
lakukan.
Untuk itulah disini saya akan
membagikan 4 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang jika Anda lakukan dan
terapkan dengan benar, bukan tidak mungkin penjulan Anda akan meingkat
berkali-kali lipat, bahkan bisa sampai 3x lipat. Berikut adalah sedikit
gambaran mengenai apa yang akan kita pelajari di artikel ini :
Waktu Promosi
Media Promosi
Strategi
Pelayanan
Mungkin langsung saja kita bahas
satu per satu dari kelima hal diatas untuk meningkatkan penjualan online pada
bisnis yang kita jalankan.
Meningkatkan Penjualan Online
dengan Memperhatikan Waktu
Waktu adalah salah satu hal terpenting
yang harus Anda perhatikan saat ingin melakukan penjualan online. Tidak mungkin
kan Anda melakukan promosi barang pada jam 01:00 AM. Siapa yang akan melihat
iklan Anda ? disinilah mengapa saya mengatkan bawah Waktu Promosi akan
menentukan Penjualan Online Anda.
Sebagai informasi, dulu sewaktu
saya aktif menjadi seorang marketers di media sosial, saya selalu menulis
waktu-waktu yang paling tepat untuk melakukan promosi, cara saya menentukan
waktu yang tepat adalah dengan membandingkan jumlah like yang saya dapat, dan
dari situlah saya membuat kesimpulan bawah waktu promosi yang paling tepat
yaitu berada pada pukul :
Pagi : 05.00 - 06.30
Siang : 12.00 - 13.00
Sore : 16.00 - 17.00
Malam : 19.00 - 22.00
Namun dari keempat waktu tersebut,
jam malam lah yang paling viral, artinya pada jam 7 malam keatas, jika kita
membagikan sesuatu, maka akan menimbulkan viralitas yang lebih tinggi dari
jam-jam lain.
Namun tentu semua harus disesuaikan
juga dengan produk yang Anda jual, misal jika Anda jualan minuman dingin maka
pilihlah promosi pada jam makan siang yaitu pukul 12 sampai 1 siang.
Meningkatkan Penjualan Online
dengan Memperhatikan Media
Selain waktu, Media promosi yang
Anda gunakan menjadi penentu akan laris atau tidaknya penjualan online yang
Anda lakukan. Dan jika bicara mengenai media, maka ini artinya kita
membicarakan dua media penjualan online terbaik yang ada di Internet, yaitu :
Media Sosial
Toko Online
Media Sosial seperti Facebook atau
Twitter merupakan salah satu media promosi online yang paling tepat untuk Anda,
selain karena banyaknya pengguna, juga karena fitur yang ditawarkan oleh kedua
media sosial tersebut sangatlah banyak. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan
Fanspage yang ada di Facebook untuk mempromosikan barang yang akan Anda jual.
Sementara di Twitter ada fitur Favorite, jadi di fitur ini memnungkinkan Anda
untuk bisa memfavoritkan tweet barang dagangan.
Cara Meningkatkan Penjualan Online
dengan Strategi
Strategi pemasaran yang saya maksud
disini salah satuny adalah mengenai Cara Promosi. Seperti yang kita semua
ketahui, saat bepromosi ada 3 Jenis File yang bisa kita gunakan yaitu dengan
menggunakan Teks, Gambar dan Video & Audio
Pertanyaanya adalah dari ketiga
jenis tersebut mana yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan online ?
menurut pantauan saya, sektor Gambar lah yang memegang peranan penting untuk
mesukseskan promosi Anda, disusul dengan Video lalu terakhir adalah Teks, dan
akan sangat ampuh jika kita menggabungkan ketiganya.
Pertanyaan selanjutnya, Gambar
seperti apakah yang dikategorikan sebagai gambar yang viral ?
Menurut informasi dari beberapa
teman saya yang pernah melakukan promosi di FB Ads, gambar dengan border
berwarna merah, akan mendatangkan efek viralitas yang besar, karena apa ?
dikarenakan warna merah akan membuat seseorang tertantang untuk mengetahui atau
membaca isi atau teks yang ada di gambar tersebut.
Selain itu, ada beberapa hal lain
yang perlu Anda perhatikan dan coba untuk meningkatkan penjualan online, saat
akan membut sebuah post atau status. Dan hal yang saya maksud tersebut
diantaranya adalah :
Gunakan Call To Action
Gunakan Emoticon
Gunakan Konten Yang Simpel
Contoh kata call to action adalah
Ayo, Ceritakan pada Kami dan lain-lain, semakin menarik ajakan yang Anda buat
maka akan semakin viral status Anda tersebut, dan yang kedua adalah menggunakan
Emoticon. Emoticon bukan hanya sebagai pelengkap atau penanda ekspresi Anda,
melainkan lebih dari itu, dan bahkan hanya dengan menambahkan emoticon smile
atau senyum, maka pembaca akan merasa Anda adalah orang yang akrab dan tentunya
akan menambahkan kepercayaan pembaca, yang terakhir adalah kontenyang simpel,
maksud dari simpel disini adalah jangan lebih dari 100 Karakter, usahakan
menulis promosi sesingkat dan sejelas mungkin agar pembaca tidak bosan dan mau
segera action untuk membeli produk Anda.
Cara Meningkatkan Penjualan Online
dengan Pelayanan
Meskipun Anda memiliki barang
dengan yang menarik namun dalam pelayanan yang Anda berikan terkesan
setengah-setengah, maka jangan menyesal jika calon pelanggan Anda akan kabur ke
penjual lain. Disinilah pentingnya sebuah pelayanan. Dan pelayanan yang baik seharusnya
mampu memenuhi keempat syarat berikuti ini :
Ramah
Cepat
Fleksibel
Profesional
Ramah dan Cepat saya rasa sudah
jelas, dan yang saya maksud fleksibel disini adalah mampu menyesuaikan keadaan,
misal calon pelanggan sebuat saja si A tidak jadi memeli barang, maka sebisa
mungkin si CS (customers service) sebaiknya menawarkan barang lain yang ada
kaitannya dengan barang pertama yang tidak jadi dibeli tadi. Dan yang tidak
kalah penting, CS harus bersifat profesional, seandainya pelanggan memang tidak
jadi membeli maka sudah selayaknya si CS tetap mengucapkan terimakasih untuk
menghargai si pelanggan tadi.
Jika semua sudah berjalan lancar
jangan lupakan untuk melakukan closing yang benar. Sebagai contoh Ada seorang
pelanggan yang berencana mau membeli Mobil. Maka closing yang benar adalah :
" Jadi gimana pak, mau ambil Mobil A atau mau coba Mobil B ? "
Dan jangan sampai, dalam closing
Anda menanyakan seperti ini :
" Jadi beli mobil atau tidak pak ? "
Kesalahan pada closing akan membuat
Anda kehilangan satu pelanggan, itu sebabnyak penting sekali bagi Anda
menguasai yang namanya closing yang benar, demi meningkatkan penjualan online.
Sekedar informasi untuk mendapatkan penghasilan di Internet, kita tidak melulu
harus jualan, masih banyak cara lain yang bisa kita coba, jika tertarik
silahkan Anda baca Cara Cepat Kaya Lewat Internet Dengan Usaha Online.
4 Cara Meningkatkan Penjualan
Online yang saya bagikan diatas, hanyalah secuil ilmu marketing yang saya
pelajari selama ini, dan tentu saja diluar sana masih banyak lagi cara-cara
meningkatkan penjualan online yang bisa Anda pelajari dan terapkan guna
mendogkrak penjualan online Anda.
Sumber : http://berguruseo.blogspot.com/2014/08/4-cara-meningkatkan-penjualan-online.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar