Sebagian dari pembaca mungkin masih
ada yang berfikir bahwa untuk memulai bisnis (dalam hal ini adalah bisnis
online) harus memiliki online shop atau toko online pribadi, padahal
kenyataannya tidak demikian, karena masih banyak media alternatif lain yang bisa
kita gunakan untuk promosi, tentunya dengan harga jauh lebih murah ketimbang
membangun toko online yang notabenya membutuhkan biaya, waktu dan tenaga yang
bisa dibilang tidak mudah dan murah.
Media alternatif yang saya maksud
adalah Twitter dan Facebook, lalu kenapa Twitter dan Facebook ? alasannya
sederhana, karena kedua media sosial tersebut sangat cocok digunakan untuk
bisnis terutama dalam hal promosi, dikarenakan adanya dukungan fitur dari pihak
Facebook dan Twitter yang nantinya akan memudahkan kita dalam mengembangkan
atau bahkan untuk memulai bisnis dari nol.
Agar adil, maka saya akan membagi
artikel ini menjadi 2 bagian, yaitu terdiri dari :
4 Cara Memanfaatkan Facebook untuk
Bisnis
3 Cara Memanfaatkan Twitter untuk
Bisnis
Kenapa Facebook lebih banyak ?
karena dari segi fitur dan cara monetisasi (mendapatkan uang) di Facebook
jumlahnya lebih banyak.
4 CARA MEMANFAATKAN FACEBOOK UNTUK
BISNIS
Seperti yang kita semua ketahui
bahwa Facebook adalah media sosial terbesar saat ini dengan jumlah pengguna
lebih dari 1 milliar. Di Indonesia sendiri pengguna Facebook diprediksi
mencapai 69 juta orang, itu artinya Facebook merupakan media paling tepat untuk
membuat omset bisnis Anda meningkatkan drastis baik bisnis secara lokal maupun
internasional.
Sejauh yang sata tahu ada 4 cara
yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis dan mendapatkan uang dari Facebook. Agar
tidak kepanjangan mungkin langsung saja berikut keempat cara memanfaatkan
Facebook untuk bisnis.
1. FACEBOOK ADS
Facebook Ads (FB Ads) adalah
program periklanan dari Facebook dan menjadi salah satu fitur unggulan dari
Facebook yang sangat digemari oleh para pebisnis atau lebih tepatnya Internet
Marketer (IMers), karena dengan adanya fitur FB Ads maka memungkinkan mereka
untuk mempromosikan produk / barang secara otomatis.
Tentunya ada harga yang harus
dibayar, namun menurut saya pribadi, perbandingan antara harga promosi dan
keuntungan yang (mungkin) akan didapat (hampir) bisa dipastikan lebih besar
pendapatan (keungan) ketimbang pengeluaran (biaya promosi FB Ads).
Untuk menggunakan Facebook Ads,
Anda bisa langsung menuju ke https://www.facebook.com/advertising, salah satu
syarat menggunakan fitur FB Ads adalah harus memiliki akun Facebook terlebih
dahulu jika belum pelajari cara membuatnya di artikel ini Cara Membuat Akun
Facebook.
2. FACEBOK GROUP
Jika selama ini Anda hanya
menggunakan group sebagai tempat ngobrol atau diskusi seputar gadget /
smartphone, maka mulai sekarang cobalah untuk merubahnya dengan menjadi fitur /
fasilitas group menjadi ladang bisnis baru, misalnya untuk menawarkan jasa, ya
bisa jasa apa saja, misal dengan menawarkan Barang atau bisa juga jika Anda
hobi menulis bisa coba-coba dengan menawarkan Ebook.
Tetapi perlu dicatat bahwa tidak
semua group mengijinkan kita untuk melakukan promosi, jadi biasakan membaca
aturan di group tersebut sebelum berpromosi disana.
3. FACEBOK FANPAGE
Satu lagi fitur gratisan dari
Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak omset bisnis Anda yaitu
Facebook Fanpage (FB FP). Fitur facebook fanpage pada dasarnya memang
dikhususkan untuk memfasilitasi para pengguna Facebook yang ingin mempromosikan
produk mereka, jadi bisa dibilang facebook fanpage adalah 'ruang khusus' untuk
mempromosikan maupun mengupload foto produk / barang yang Anda jual.
Lebih dari itu, facebook fanpage
juga bisa Anda manfaatkan untuk sarana mendapatkan uang dari facebook, misalnya
melalui jasa like, dengan catatan jumlah like di fanpage yang Anda miliki
berjumlah ratusan ribu, jadi nanti kita tinggal mempromosikan facebook fanpage
client dalam bentuk status, dijamin paling tidak fanpage milik client akan
bertambah ratusan atau bahkan ribuan. tips dan trik untuk meningkatkan jumlah
like di Fanpage Facebook silahkan pelajari disini Cara Menambah Like Fanpage
Facebook.
4. FACEBOOK HASTAG
Dari yang saya amati masih banyak
penjual yang mengabaikan atau mungkin menganggap remeh hastag. Padahal, jika
kita mampu memanfaatkan hastag yang ada di Facebook dengan baik, maka bukan
tidak mungkin kita bisa meningkatkan penjualan produk hingga berkali-kali
lipat.
Ya, karena dengan menambahkan
hastag yang tepat pada setiap status yang Anda buat, maka peluang status
tersebut dilihat banyak orang akan semakin besar, begitu juga kemungkinan
closing / penjualan yang terjadi, bisa dipastikan juga akan meningkat.
Contoh penggunaan Hastag untuk
jualan Jilbab :
#hijab
#hijabers
#hijabfashion
#hijabstyle
#hijabselfie
Hastag tersebut menargetkan para
pengguna facebook yang menggunakan jilbab. Orang-orang tersebutlah yang
nantinya akan menjadi target pasar Anda.
3 CARA MEMANFAATKAN TWITTER UNTUK
BISNIS
Meskipun twitter berada jauh
dibawah Facebook, yakni sekitar 300 juta akun, namun potensi twitter untuk
mengembangkan bisnis Anda tetap ada, karena mayoritas pengguna twitter adalah
kelas menengah keatas, jadi mereka sudah akrab dengan aktifitas bisnis online
seperti jual beli online menggunakan bank / payment processor online seperti
PayPal.
Potensi yang begitu besar, harus
kita manfaatkan untuk meningkatkan bisnis yang kita jalankan. Mungkin langsung
saja, berikut beberapa contoh penerapan fitur yang ada di twitter untun
mendorong peningkatan penghasilan bisnis.
1. TWITTER PROMOTE
Jika Facebook memiliki fitur
Facebook Ads, maka twitter memiliki fitur Twitter Promote. Keduanya memiliki
fungsi yang sama yaitu untuk mempromosikan produk melalui status / kicauan
(twit).
Yang menarik dari twitter promote
adalah kita tidak hanya akan mendapatkan peningkatan jumlah penjualan, lebih
dari itu kita akan mendapatkan tambahan follower, karena saat kita melakukan
promote, maka akun yang kita promosikan juga akan tampil bersama kicauan / twit
promosi.
Jika follower Anda sudah banyak,
saran saya cobalah untuk mengembangkannya, dan jika sudah ada banyak, silahkan
buka bisnis jasa buzzer. Apa itu buzzer ? buzzer adalah jasa mempromosikan akun
/ produk pengguna twitter lain melalui kicauan.
Jasa ini hanya akan laris jika Anda
memiliki banyak follower, untuk itu silahkan baca Cara Menambah Follower
Twitter.
2. TWITTER TRENDS
Sesuai namanya, fungsi utama dari
twitter trends adalah untuk mengetahui 10 hastag terpopuler di suatu negara /
dunia. Jadi dengan adanya twitter trends, kita bisa melihat hal-hal populer apa
yang sedang 'trend' atau 'populer'.
Jika jeli, maka Anda bisa
memanfaatkan informasi yang disajikan twitter trend untuk mengembangkan dan
meningkatkan bisnis Anda. Caranya adalah dengan menyertakan hastag yang sedang
trend dalam kicauan yang kita buat.
Pastikan bahwa kicauan yang dibuat
benar-benar relevan dengan hastag yang Anda sertakan, karena jika tidak, maka
orang justru akan dianggap spam oleh pengguna twitter lain.
3. TWITTER CLIENT
Apa itu twitter client ? twitter
client adalah aplikasi twitter berbasis cloud yang dikembangkan oleh para
developer web, jadi ibarat aplikasi fanmade (buatan fans).
Meskipun tidak secara resmi
dikeluarkan twitter, namun fitur yang terdapat pada (mayoritas) twitter client
akan lebih komplit, sebagai contoh ada :
Auto Retweet
Auto Tweet
Auto Follow
Schedule Tweet
Singkatnya dengan auto retweet kita
bisa me retweet kicauan orang lain, auto tweet untuk menulis tweet secara
otomatis, auto follow saya rasa sudah jelas, yaitu untuk memfollow secara
otomatis.
Sejujurnya masih banyak cara
memanfaatkan twitter maupun facebook untuk bisnis, namun secara garis besar,
beberapa poin diatas yang paling vital untuk Anda gunakan.
Baik Facebook dan twitter, keduanya
merupakan media sosial yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan dan
pengembangan bisnis yang Anda jalankan, jadi pintar-pintar lah untuk
memanfaatkan keduanya media sosial tersebut.
Sumber : http://berguruseo.blogspot.com/2015/02/cara-memanfaatkan-twitter-dan-facebook-untuk-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar