Kamis, 12 Maret 2015

7 Cara Pintar Memanfaatkan Twitter dan Facebook Untuk Bisnis


Sebagian dari pembaca mungkin masih ada yang berfikir bahwa untuk memulai bisnis (dalam hal ini adalah bisnis online) harus memiliki online shop atau toko online pribadi, padahal kenyataannya tidak demikian, karena masih banyak media alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk promosi, tentunya dengan harga jauh lebih murah ketimbang membangun toko online yang notabenya membutuhkan biaya, waktu dan tenaga yang bisa dibilang tidak mudah dan murah.

Media alternatif yang saya maksud adalah Twitter dan Facebook, lalu kenapa Twitter dan Facebook ? alasannya sederhana, karena kedua media sosial tersebut sangat cocok digunakan untuk bisnis terutama dalam hal promosi, dikarenakan adanya dukungan fitur dari pihak Facebook dan Twitter yang nantinya akan memudahkan kita dalam mengembangkan atau bahkan untuk memulai bisnis dari nol.

Agar adil, maka saya akan membagi artikel ini menjadi 2 bagian, yaitu terdiri dari :

4 Cara Memanfaatkan Facebook untuk Bisnis
3 Cara Memanfaatkan Twitter untuk Bisnis

Kenapa Facebook lebih banyak ? karena dari segi fitur dan cara monetisasi (mendapatkan uang) di Facebook jumlahnya lebih banyak.

4 CARA MEMANFAATKAN FACEBOOK UNTUK BISNIS

Seperti yang kita semua ketahui bahwa Facebook adalah media sosial terbesar saat ini dengan jumlah pengguna lebih dari 1 milliar. Di Indonesia sendiri pengguna Facebook diprediksi mencapai 69 juta orang, itu artinya Facebook merupakan media paling tepat untuk membuat omset bisnis Anda meningkatkan drastis baik bisnis secara lokal maupun internasional.

Sejauh yang sata tahu ada 4 cara yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis dan mendapatkan uang dari Facebook. Agar tidak kepanjangan mungkin langsung saja berikut keempat cara memanfaatkan Facebook untuk bisnis.

1. FACEBOOK ADS

Facebook Ads (FB Ads) adalah program periklanan dari Facebook dan menjadi salah satu fitur unggulan dari Facebook yang sangat digemari oleh para pebisnis atau lebih tepatnya Internet Marketer (IMers), karena dengan adanya fitur FB Ads maka memungkinkan mereka untuk mempromosikan produk / barang secara otomatis.

Tentunya ada harga yang harus dibayar, namun menurut saya pribadi, perbandingan antara harga promosi dan keuntungan yang (mungkin) akan didapat (hampir) bisa dipastikan lebih besar pendapatan (keungan) ketimbang pengeluaran (biaya promosi FB Ads).

Untuk menggunakan Facebook Ads, Anda bisa langsung menuju ke https://www.facebook.com/advertising, salah satu syarat menggunakan fitur FB Ads adalah harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu jika belum pelajari cara membuatnya di artikel ini Cara Membuat Akun Facebook.

2. FACEBOK GROUP

Jika selama ini Anda hanya menggunakan group sebagai tempat ngobrol atau diskusi seputar gadget / smartphone, maka mulai sekarang cobalah untuk merubahnya dengan menjadi fitur / fasilitas group menjadi ladang bisnis baru, misalnya untuk menawarkan jasa, ya bisa jasa apa saja, misal dengan menawarkan Barang atau bisa juga jika Anda hobi menulis bisa coba-coba dengan menawarkan Ebook.

Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua group mengijinkan kita untuk melakukan promosi, jadi biasakan membaca aturan di group tersebut sebelum berpromosi disana.

3. FACEBOK FANPAGE

Satu lagi fitur gratisan dari Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak omset bisnis Anda yaitu Facebook Fanpage (FB FP). Fitur facebook fanpage pada dasarnya memang dikhususkan untuk memfasilitasi para pengguna Facebook yang ingin mempromosikan produk mereka, jadi bisa dibilang facebook fanpage adalah 'ruang khusus' untuk mempromosikan maupun mengupload foto produk / barang yang Anda jual.

Lebih dari itu, facebook fanpage juga bisa Anda manfaatkan untuk sarana mendapatkan uang dari facebook, misalnya melalui jasa like, dengan catatan jumlah like di fanpage yang Anda miliki berjumlah ratusan ribu, jadi nanti kita tinggal mempromosikan facebook fanpage client dalam bentuk status, dijamin paling tidak fanpage milik client akan bertambah ratusan atau bahkan ribuan. tips dan trik untuk meningkatkan jumlah like di Fanpage Facebook silahkan pelajari disini Cara Menambah Like Fanpage Facebook.

4. FACEBOOK HASTAG

Dari yang saya amati masih banyak penjual yang mengabaikan atau mungkin menganggap remeh hastag. Padahal, jika kita mampu memanfaatkan hastag yang ada di Facebook dengan baik, maka bukan tidak mungkin kita bisa meningkatkan penjualan produk hingga berkali-kali lipat.

Ya, karena dengan menambahkan hastag yang tepat pada setiap status yang Anda buat, maka peluang status tersebut dilihat banyak orang akan semakin besar, begitu juga kemungkinan closing / penjualan yang terjadi, bisa dipastikan juga akan meningkat.

Contoh penggunaan Hastag untuk jualan Jilbab :

#hijab
#hijabers
#hijabfashion
#hijabstyle
#hijabselfie

Hastag tersebut menargetkan para pengguna facebook yang menggunakan jilbab. Orang-orang tersebutlah yang nantinya akan menjadi target pasar Anda.

3 CARA MEMANFAATKAN TWITTER UNTUK BISNIS

Meskipun twitter berada jauh dibawah Facebook, yakni sekitar 300 juta akun, namun potensi twitter untuk mengembangkan bisnis Anda tetap ada, karena mayoritas pengguna twitter adalah kelas menengah keatas, jadi mereka sudah akrab dengan aktifitas bisnis online seperti jual beli online menggunakan bank / payment processor online seperti PayPal.

Potensi yang begitu besar, harus kita manfaatkan untuk meningkatkan bisnis yang kita jalankan. Mungkin langsung saja, berikut beberapa contoh penerapan fitur yang ada di twitter untun mendorong peningkatan penghasilan bisnis.

1. TWITTER PROMOTE

Jika Facebook memiliki fitur Facebook Ads, maka twitter memiliki fitur Twitter Promote. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mempromosikan produk melalui status / kicauan (twit).

Yang menarik dari twitter promote adalah kita tidak hanya akan mendapatkan peningkatan jumlah penjualan, lebih dari itu kita akan mendapatkan tambahan follower, karena saat kita melakukan promote, maka akun yang kita promosikan juga akan tampil bersama kicauan / twit promosi.

Jika follower Anda sudah banyak, saran saya cobalah untuk mengembangkannya, dan jika sudah ada banyak, silahkan buka bisnis jasa buzzer. Apa itu buzzer ? buzzer adalah jasa mempromosikan akun / produk pengguna twitter lain melalui kicauan.

Jasa ini hanya akan laris jika Anda memiliki banyak follower, untuk itu silahkan baca Cara Menambah Follower Twitter.

2. TWITTER TRENDS

Sesuai namanya, fungsi utama dari twitter trends adalah untuk mengetahui 10 hastag terpopuler di suatu negara / dunia. Jadi dengan adanya twitter trends, kita bisa melihat hal-hal populer apa yang sedang 'trend' atau 'populer'.

Jika jeli, maka Anda bisa memanfaatkan informasi yang disajikan twitter trend untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis Anda. Caranya adalah dengan menyertakan hastag yang sedang trend dalam kicauan yang kita buat.

Pastikan bahwa kicauan yang dibuat benar-benar relevan dengan hastag yang Anda sertakan, karena jika tidak, maka orang justru akan dianggap spam oleh pengguna twitter lain.

3. TWITTER CLIENT

Apa itu twitter client ? twitter client adalah aplikasi twitter berbasis cloud yang dikembangkan oleh para developer web, jadi ibarat aplikasi fanmade (buatan fans).

Meskipun tidak secara resmi dikeluarkan twitter, namun fitur yang terdapat pada (mayoritas) twitter client akan lebih komplit, sebagai contoh ada :

Auto Retweet
Auto Tweet
Auto Follow
Schedule Tweet

Singkatnya dengan auto retweet kita bisa me retweet kicauan orang lain, auto tweet untuk menulis tweet secara otomatis, auto follow saya rasa sudah jelas, yaitu untuk memfollow secara otomatis.

Sejujurnya masih banyak cara memanfaatkan twitter maupun facebook untuk bisnis, namun secara garis besar, beberapa poin diatas yang paling vital untuk Anda gunakan.


Baik Facebook dan twitter, keduanya merupakan media sosial yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis yang Anda jalankan, jadi pintar-pintar lah untuk memanfaatkan keduanya media sosial tersebut.

Sumber : http://berguruseo.blogspot.com/2015/02/cara-memanfaatkan-twitter-dan-facebook-untuk-bisnis.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar