Jumat, 27 Maret 2015

Cara Mengecilkan Ukuran Photo Dengan Microsoft Office Picture Manager


Beberapa hari lalu datang temanku yang minta tolong untuk ngirimin laporan ke bos nya berupa foto – foto tentang pekerjaan dia lewat email, dia sudah nyoba dirumah tapi gagal terus ga bisa melampirkan semua foto-foto tersebut. Setelah aku lihat file fotonya ternyata size masing-masing foto kisaran 1,5 mb, padahal ada sekitar 100 foto lebih.Menurutku untuk bisa lampirkan semua foto otomatis butuh waktu yg lama apalagi kalo jaringan internetnya ga begitu lancar pasti butuh waktu berjam-jam untuk bisa melampirkan foto tersebut ke email. Dia dah nyerah dan mutung karena ga bisa ngirim laporan tersebut.

Akhirnya aq menyarankan temanku untuk mengompress/mengecilkan ukuran foto tersebut satu persatu dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager dulu sebelum melampirkan foto-foto tersebut ke email. Setidaknya bila size nya sudah dikecilin akan mempermudah melampirkan laporan tersebut ke email. Adapun langkah-langkah untuk mengecilkan ukuran/size foto  adalah sebagai berikut :

Buka file photo  yang akan di edit  kemudian klik kanan > pilih Open With >Pilih   Microsoft Office Picture Manager seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


Setelah Microsoft Office Picture Manager terbuka, pilih menu Edit Picture seperti terlihat pada gambar 2,
   

Kemudian akan tampak menu-menu di layar samping kanan seperti terlihat pada gambar 3, Silahkan klik menu paling bawah yakni Compress Pictures.
   

Kemudian akan tampak 4 menu yaitu Dont compress, Document, Web Pages dan email Mesagges, agar foto masih dalam kualitas yang bagus silahkan pilih menu Document.

Setelah memilih menu Document silahkan Klik OK  seperti terlihat pada gambar 5 berikut.

Setelah  klik OK  secara otomatis size foto akan berubah menjadi lebih kecil dari ukuran sebelumnya dan selanjutnya tinggak klik  Save.


Untuk foto yang lain silahkan lanjutkan dengan langkah - langkah seperti  di atas.

Itulah beberapa langkah untuk mengecilkan foto menggunakan Microsoft Office Picture Manager, yang mana sudah dipraktekkan sama temanku dan dia akhirnya dapat tersenyum lega karena bisa mengirimkan semua laporan yang berisi foto-foto td via email.

Semoga bermanfaat ya :-)

Sumber : http://rosadamai.blogspot.com/2013/05/cara-mengecilkan-ukuran-photo-dengan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar