Minggu, 01 Maret 2015

Cara Menghemat Pulsa HP Android



Sebagian pengguna HP Android kebingungan karena merasa pulsa mereka menjadi boros setelah memakai hp Android. Kebanyakan juga tidak mengetahui mengapa pulsa mereka terpotong. Apa yang sebenarnya terjadi dan menjadi sebab pulsa kita banyak hilang ketika memakai HP atau tablet Android? Yang sebaiknya kita sadari adalah bahwa tanpa koneksi internet semahal dan secanggih apapun gadget Android yang kita pakai, maka dia tidak lebih dari HP atau gadget lainnya. Yang hanya bisa kita pakai untuk sms, telepon, mendengarkan musik, mendengarkan radio, main game, atau nonton siaran TV analog seperti kebanyakan ponsel cina. Ya hanya itu. Kelebihan Android memang baru terasa ketika kita terhubung dengan internet, meski artinya pengeluaran pulsa untuk akses internet menjadi tidak terelakkan.

Masalahnya, kan ya tidak setiap saat kita punya uang untuk membeli pulsa. Ada kalanya, sering bahkan, anggaran untuk pulsa kalah dengan anggaran untuk beli bensin atau makan, bayar kamar kos-kosan, dan berbagai keperluan lain yang tidak bisa kita tunda. Maka, menghemat pulsa untuk Android kita itu menjadi harus. Karena pada dasarnya itu bisa dilakukan.

Prinsip dasar menghemat pulsa untuk HP Android itu cuman satu sebenarnya, yaitu mematikan fungsi dan aplikasi yang menghubungkannya dengan internetnya. Hehe… Karena memang banyak sekali fungsi dari Android yang tanpa minta ijin kita otomatis menghubungkan diri dengan internet. Inilah yang kita cegah, supaya pulsa kita hemat. Makanya, kalau mau lebih hemat, periksa dulu apakah aplikasi Android yang kita akan install akan memerlukan akses internet supaya bisa bekerja. Kalau iya, ya…., siap-siap tekor saja.

Untuk menjawab keluhan pengguna ponsel Android yang sudah pernah merasakan pulsanya tersedot habis karena update otomatis ini, tips hemat pulsa yang Paseban bahas di sini tak ada salahnya untuk Anda terapkan. Berikut ini adalah tips hemat pulsa untuk HP Android

Pantau Aplikasi Android yang Menggunakan Pemakaian Internet
Tips hemat pulsa yang pertama adalah usahakan untuk selalu mengecek Aplikasi Android mana saja yang menggunakan koneksi internet. Dengan mengetahuinya Anda bisa mengurangi penggunaan data internet yang dipergunakan oleh aplikasi Internet tersebut. Bisa dengan cara menggunakan sebuah aplikasi bernama Traffic Monitor by RadioOpt. Dengan aplikasi monitor ini, Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang mempergunakan akses internet. Kalau saja traffic penggunaan data internet dari aplikasi bersangkutan terlewat besar, maka ambillah langkah cepat untuk mematikan aplikasi tersebut dari akses internet yang dipergunakan. Ada pula cara lain yang biasa Anda pergunakan untuk menghentikan pemberitahuan otomatis dari aplikasi jejaring sosial, Anda tinggal meng-log-out-nya saja. Agar sinkronisasi tersebut tidak berjalan lagi.

Hentikan Auto Sync pada Ponsel Android
Usahakan untuk mematikan fitur Auto Sync pada ponsel Android Anda miliki, Auto Sync adalah sebuah fitur yang mengatur agar aplikasi Android dapat melakukan sinkronisasi dengan server Google maupun dengan server aplikasi-aplikasi yang digunakan. Bila Auto Sync menyala, berarti aplikasi “diijinkan” untuk melakukan sinkronisasi data secara otomastis. Bila Auto Sync dimatikan, Anda tidak akan menerima informasi secara real time. Dengan mematikan fitur Auto Sync ini Anda dapat menghentikan akses koneksi internet terhadap beberapa aplikasi yang sedang tersinkronisasi secara otomatis. Anda bisa melakukan beberapa pengaturan dasar seperti menekan tombol Home - pilih Setting - pilih Accounts & Sync. Setelah itu Anda tinggal memilih pengaturan sinkronisasi yang bagaimana yang akan dipergunakan. Ada sinkronisasi otomatis dan sinkronisasi data latar belakang/pendukung. Usahakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.

Mempergunakan koneksi internet sesuai kebutuhan
Tips hemat pulsa yang selanjutnya, Anda bisa mematikan dan menghidupkan koneksi internet yang ada pada ponsel Android tersebut. Dengan seperti itu, kemanan data internet Anda dapat terkontrol dengan mudah. Tetapi itupun kalau Anda menyukai dengan pengaturan koneksi internet secara manual. Anda bisa melakukan pengaturan dengan masuk ke menu Setting (pengaturan) > Wireless & Networks (Nirkabel & Jaringan) > Mobile Networks (jaringan selular) > pada bagian Use packed data (Gunakan koneksi data) jangan di-centang atau di kosongkan. Bila tulisan “Use Packed Data” tidak ditemukan, carilah tulisan Data Enabled. Dengan seperti itu penggunaan akses internet Anda akan aman dari sinkornisasi otomatis ataupun update aplikasi lainnya. sumber: Paseban, credit foto: Eka Berkicau

Kalau memang anda mau aman dari kecolongan pulsa, dan berniat mengambil manfaat penuh dari HP Android anda, pertimbangkanlah untuk memakai akses internet yang unlimited saja. Toh, sekarang sudah semakin murah toh, meski kadang leletnya bikin mual, hehe. Ada banyak pilihan.

Sumber: http://www.harga-hpandroid.com/2012/03/cara-menghemat-pulsa-hp-android.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar