Senin, 16 Maret 2015

Macam Macam Browser


Pengertian browser adalah program yang digunakan dalam menelusuri internet dan lebih tepat dengan istilah web browser atau penjelajah internet. Menurut Wikipedia, Pengertian browser adalah software yang digunakan dalam menerima dan menampilkan informasi yang diperoleh dari internet.

Tim Berners Lee merupakan bapak Internet yang pertama membuat browser yang bernama worldwideweb yang  kemudian sekarang ini berubah menjadi nexus. Selang beberapa tahun, Marc Andreesen melakukan terobosan dengan meluncurkan program Mosaic (sekarang dikenal sebagai browser Netscape) yang merubah wajah browser internet di dunia. Hal ini juga mengawali dari munculnya semua macam browser yang kita gunakan untuk internet di dunia ini.

Berikut penjelasan tentang macam macam web browser ada setelah Mosaic

  1. Browser Netscape Navigator


Netscape navigator merupakan browser yang dirilis pada tahun 1994, yang sempat merajai pasar web browser di dunia saat itu. Netscape navigator merupakan versi yang dikembangkan dari web browser html Marc Andreesen yaitu mosaic.

Browser ini kompatibel pada windows 16 bit dan 32 bit. Untuk OS lain seperti UNIX dan Macintosh dapat menggunakan browser ini.

Kelebihan dari browser ini adalah kestabilannya dalam melakukan surfing, download, upload dan browsing. Hal ini karena browsing ini tidak mengedepannkan penampilan akan tetapi kecepatan dalam menampilkan halaman html. Akan tetapi ini juga merupakan kelemahan dari browser ini yaitu tampilan Grafiks yang kurang bagus dan masih terkesan kasar.

2. Web Browser Internet Explorer


Internet Explorer (IE) dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Browser juga pernah menjadi pilihan pertama konsumen saat dirilis pertama kali menumbangkan web browser netscape navigator. Browser ini menguasai 95 % pasar browser dunia pada tahun 2002. Keuntungan ini diperoleh dikarenakan terjadinya integrasi antara OS windows dan Browser Internet Explorer yang dijual bersamaan. Tampilan yang sederhana ini tidak jauh berbeda dengan Netscape navigator. Berikut kelebihan dan kekurangan Browser Internet Explorer:

Kelebihan

Sudah lebih baik dari Netscape navigator dibagian Add-Ons yang memberikan beberapa fitur tambahan walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Tampilan dari tiap varian IE hingga IE8 berbeda. Untuk Web Browser. Terus terjadi pengembangan mulai dari IE 7 hingga keluaran terbaru yaitu Internet Explorer 11 (IE11). Tampilan web browser Internet Explorer 11 ini jauh lebih maju dan lebih kompatibel untuk windows 8 serta gadget elektronik touch screen lainnya.
Fitur keamanan pada Internet Explorer 11 lebih canggih dan lebih ketat dikarenakan fitur multiple user yang digunakan merupakan password akun windows yang anda miliki.

Pengembangan terhadap fitur terbaru pada browser IE 11, memungkinkan pengguna untuk mengetahui add-ons mana yang membuat komputer dan kecepatan browsing internet menjadi lambat.

Kekurangan :

Pada beberapa versi sebelum Internet Explorer 11 kebanyakan mengalami kegagalan dalam membaca script html dibeberapa halaman situs ( khususnya CSS ), akan tetapi untuk web browser keluaran terbaru ini sangat cocok untuk CSS.

Khusus untuk Internet Explorer 6-8 menggunakan terlalu banyak RAM saat digunakan apalagi saat Start akan tetapi menurut PCmag.com, keluaran terbaru yaitu Internet Explorer 11 sudah diperbaiki sehingga hanya menggunakan sedikit prosesor dan kerja RAM dalam browser di Internet.

Untuk versi sebelumnya dan penggunaan pada windows XP dan 7, browser ini terkenal dengan mudahnya terinfeksi virus.

Untuk IE 11, fitur yang cukup mengganggu adalah saat tab dipindahkan, video tetap berjalan.

Mau download browser Internet Explorer, klik link ini Microsoft
  
  3. Browser Opera


Browser ini dirilis pada tahun 1995, akan tetapi saat itu, pasar dikuasai oleh Microsoft dengan Internet Explorer. Peningkatan yang lambat pada pangsa pasar browser dekstop membuat mereka menemukan terobosan baru, yaitu browser mini atau opera mini yang cocok dan sangat kompatibel pada handpone. Menggunakan berbagai kerja sama dengan perusahaan Handpone. Browser Opera Mini merupakan penguasa pasar browser handpone pada tahun 2011 dengan pengguna sekitar 40 juta.

Kelebihan Web Browser Opera

Kecepatan yang ditawarkan dengan fitur mengurangi ukuran load dan meningkatkan fungsi cache

Browser yang tercepat dalam versi turbo

Merupakan browser yang cukup ringan dalam pembukaan halaman html

Memiliki fitur keamanan dan add-ons tersendiri (mirip dengan modzilla)

Kekurangan web browser Opera yang sering terjadi adalah gagalnya dalam menyimpan halaman, untuk memperbaharui dan meningkatkan (update) diperlukan file masternya lagi (lebih sulit dari browser lainnya), dan kurang kompatibel pada beberapa jenis file dan halaman flash player (seperti game tertentu).

Download Browser Opera terbaru di sini

4. Web Browser Mozilla Firefox


Web browser ini dirilis oleh perusahaan Netscape yang berganti ke Mozilla Foundation tahun 1998. Peningkatan pesat terjadi pada web browser ini dikarenakan fungsi open source nya atau add-ons yang hampir terus berkembang oleh web developer dunia, sehingga hampir tidak ada masalah dalam pembukaan halaman untuk ber internet ria. Mozilla firefox memiliki tampilan yang dinamis dan elegan dengan tampilan fox apinya pada logonya. Kelebihan dari web browser ini adalah kemampuan tidak terbatas dalam pengembangan user seusai keinginannya akan tetapi ini juga merupakan kelemahan dari web browser ini dikarekan user yang tidak paham akan mudah terjangkiti virus dalam menggunakan add-ons dan plugins sembarangan.

Download browser Mozilla firefox terbaru disini.

5. Web Browser Google Chrome


Google chrome merupakan salah satu dari berbagi macam browser yang populer setelah Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Saya ramalkan, browser yang dengan kelebihan dalam sinkronisasi data ini melalui akun gmail ini akan merajai pangsa pasar browser dalam ber internet ria di dunia. Hal ini dikarenakan fitur keamanan, kemudahan dalam akses informasi, search engine yang memadai dan fokus terhadap fitur yang ringan serta pengembangan oleh web developer yang terpercaya membuat Web browser ini menjadi yang paling dipercaya dalam keamanan berinternet.

Cukup mengherankan memang, web browser ini merupakan pendatang baru dalam dunia web browser. Sejak dirilis pada tahun 2008 hingga tahun 2011, Web browser ini telah melewati menyaingi Internet Explore walaupun tidak untuk seluruh versi IE.

Download Web Browser Google Chrome terbaru disini

6. Browser Safari

Safari merupakan browser yang sering digunakan oleh pengguna Apple dengan sistem opera Macintosh. Safari merupakan browser yang cepat juga dengan kemampuan slide dan kecepatan browser yang ringan dan cepat. Browser ini tidak terlalu kompatibel terhadap windows walaupun sudah baru baru ini telah diupgrade dengan edisi safari 5.1.7 for windows. Kelebihan ini membuat juga sebuah kekurangan untuk browser safari. Apalagi dengan plugins dan add-ons yang rata-rata berbayar serta kurang.

Download Browser Safari untuk windows disini

Download Browser Safari untuk beragam OS disini

7. Browser Silverlight


Sirverlight merupakan browser plugin yang dikembangkan untuk digunakan dalam windows phone yang kompatibel untuk OS Windows dan Macintosh. Browser ini memiliki kemampuan dalam menggunakan banyak jenis file yang ada dalam dunia maya. Digunakan bersama dengan runtime silver light dalam menginstallnya ke OS anda. Browser ini sangat jarang digunakan dikarenakan fitur dan kemampuannya yang kurang diketahui oleh orang awam, akan tetapi browser ini sangat cocok untuk web developer karena kelebihannya dalam berintegrasi dengan browser lainnya serta banyak file yang kurang mampu diolah oleh browser lainnya.

Download Browser plugin Silverlight terbaru disini

8. Web browser Flock


Flock merupakan browser yang memberikan kenyamanan bagi user yang menggunakan internet untuk media sosial. Flock yang telah menggabungkan kemampuan chrome dan mozilla ini memberikan kemudahan para  pengguna sosial networking di dunia maya. Telah teringrasi dengan sosial media terbesar seperti Twitter dan Facebook. Kelemahan browser ini ada diwilayah download menggunakan IDM karena belum adanya integrasi dan instalasi hanya dapat dilakukan secara online.

Download Browser Flock terbaru disini

9. Web Browser Seamonkey


Seamonkey merupakan web browser yang open source, free dan cross platform dengan ukuran file 20 mb (edisi 2.26.1). Dikembangkan berdasarkan netscape navigator sehingga memiliki kemampuan lebih diwilayah email. Browser ini cocok untuk digunakan para eksekutif yang sering berhubungan dengan orang luar negeri selain Inggris dikarenakan kemampuannya dalam translasi bahasa lebih jago dibandingkan translator lainnya seperti bahasa spanyol, cina dan bahasa lainnya. Kemampuannya sangat hebat dalam memfilter virus dan spam dalam email serta membuka halaman html. Browser ini mampu digunakan dalam mengedit halaman html juga. Dikarenakan kemampuan dalam memfilter ini, Browser Seamonkey kurang dan bahkan ada banyak halaman html di dunia maya yang tidak mampu dibuka olehnya.

Download browser Seamonkey terbaru disini

10. Browser Comodo Dragon


Comodo Dragon merupakan browser yang fokus terhadap keamanan dan privasi dalam menggunakan internet. Ini merupakan Browser yang cocok untuk anda yang merasa perlu berhati hati dalam surfing dan browsing di dunia maya. Dikarenakan pengutamaan dalam keamanan dan privasi ini, browser ini terbilang lambat dalam pembukaan halaman dan juga dikarenakan belum terintegrasi sempurna dengan Chrome. Sekarang telah di launch tipe browser baru dari comodo dragon yaitu comodo icedragon yang telah fully integrated dengan mozilla.

Download Browser Comodo Icedragon terbaru disini

11. Browser Konqueror


Ini merupakan browser yang cocok untuk anda yang menyukai fitur remote komputer atau mengendalikan file file anda di komputer lain dari jarak jauh atau tempat berbeda. Untuk pengguna windows, terlebih dahulu harus mengaktifkan KDE (Dekstop Environment) dengan menginstallnya. Sehingga selain sebagai web browser, Konqueror berfungsi sebagai file viewer dan file manager untuk komputer anda.

 Download Browser Konqueror terbaru disini

12. Web Browser Tor


Tor merupakan web browser yang mengutamakan privasi serta keamanan dalam menjelalah internet. Dengan kemampuannya yang berlebih diwilayah privasi, anda dapat mensurfing halaman internet yang di banned oleh pemerintah. Kemampuan browser ini dalam mengacak dan mengubah ip anda membuat hal ini mungkin, sehingga anda akan terbaca sebagai pengguna dari negara lain dalam mengakses halaman. Internet positif indonesia terbukti tidak mampu menghentikan Browser ini dalam browsing sesukamu.

Kelemahan browser ini adalah di wilayah plugin ini khususnya pada plugin flash player. Apabila anda memaksa untuk memasang plugin flash player maka ip asli anda akan terbaca oleh ISP. Dan informasi tambahan, Browser ini tidak di Instal di Komputer, tetapi dapat langsung dijalankan setelah di ekstrak melalui vidalia.exe.

Download Browser Tor terbaru disini

13. Browser K-Meleon


Merupakan browser yang dapat digunakan secara bebas (open source). Memungkinkan penggunanya untuk dapat berkomunikasi melalui fasilitas chatnya. Kekurangan browser ini ada di wilayah ugrade dan integrasinya terhadap beberapa situs media sosial.

14. Wyzo


Ini adalah Browser yang diciptakan untuk pengguna Mac yang sering download file musik dan video, intinya suka mendownload file. Sekarang Wyzo tersedia sebagai plugins terhadap mozilla firefox.

Macam macam Browser lainnya yang sering digunakan oleh manusia di dunia adalah sebagai berikut:

ShenzBrowser,Slim Browser, Swift, Amaya, Dillio, Epiphany, HotJavaBrowser,Links, Lolifox,Palary Browser, Maxthon.
  
Referensi
kkpi02xiiki.blogspot.com. Macam macam web browser
Blogging.co.id. Macam macam web browser terpopuler
dian4nggraeni.wordpress.com. Web browser
bondengnice.wordpress.com. 12 macam browser beserta kelemahannya
Wikipedia.org. Web browser

http://www.apapengertianahli.com/2014/07/macam-macam-browser-internet-di-dunia.html#_

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus